Cara Membuat Tahu Crispy -->

Cara Membuat Tahu Crispy

Sunday, 10 October 2021, 17:36

 Gorengan menjadi salah satu makanan favorit yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika para penikmat dari makanan ini hampir berasal dari semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Salah satu gorengan yang populer di Indonesia adalah tahu. Mendengar kata tahu saja membuat para penikmatnya terbayang dengan rasanya yang nikmat dan gurih. Tahu tidak hanya terkenal karena rasanya yang lezat dan renyah, tapi tahu juga terkenal sebagai makanan yang kaya akan protein, sedikit lemak, kaya zat besi, magnesium, fosfor, dan kalsium. Terlebih tahu juga memiliki beberapa manfaat, seperti dapat menurunkan kolestrol, menurunkan resiko kanker payudara, mencegah osteoporosis, dan yang lainnya. 

Tahu saat ini sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis cemilan, salah satu yang paling populer adalah tahu crispy. Tahu ini merupakan jenis tahu goreng yang dibentuk dadu kecil dan ditaburi tepung untuk memunculkan sensasi renyah di saat memakannya.Keunggulan dari tahu  yang satu ini terletak pada teksturnya yang renyah dan gurih.


Namun, untuk membuat tahu crispy yang enak, renyah, dan tahan lama, Makan Anda perlu menerapkan teknik 5 M berikut ini.

Mengurangi Kadar Air pada Tahu

Salah satu rahasia membuat cemilan tahu crispy yang renyah dan tahan lama adalah dengan mengurangi kadar air pada tahu. Adapun cara membuat tahu crispy yang dapat digunakan untuk menekan air pada tahu yakni dengan menggunkan piring datar atau kalian juga bisa menggunakan tisu dapur untuk menekan tahu hingga kadar airnya berkurang. Tentunya harus dilakukan secara hati-hati agar tahunya tidak hancur. Jadi jika selama ini kita membiarkan tahu direndam ke dalam air agar tidak mudah basi bukanlah cara yang tepat lho untuk dilakukan. Hal ini karena tahu yang mengandung banyak air akan menjadi lembek pada saat diolah. 

Menggunakan Tepung Terigu Protein Sedang

Pemilihan tepung terigu juga menjadi salah satu rahasia dalam membuat adonan tahu crispy gurih dan tahan lama. Oleh karena itu, gunakanlah tepung terigu dengan protein sedang untuk membuat adonan terasa lebih renyah saat dimakan dan tahan lama.

Menggunakan Tepung Taipoka

Gunakan juga tepung tapioka sebagai campuran bahan pelapis pada adonan tahu crispy. Hal ini karena tepung tapioka dapat membuat adonan gorengan terlihat hasil lebih berongga dan bersarang setelah digoreng. 

Menggunakan Baking Powder

Menambahkan baking powder pada adonan tepung pelapis  dapat membuat adonan lebih bervolume dalam waktu yang cukup lama setelah digoreng.

Menggunakan Teknik Deep Frying

Ketika Anda hendak menggoreng adonan tahu crispy, maka gunakanlah teknik deep frying. Anda harus memastikan bahwa tahu crispy harus tenggelam dalam minyak panas agar tingkat kematangan yang dihasilkan lebih sempurna.

Setelah Anda mengetahui teknik di atas, yuk langsung saja kita beralih ke tahap-tahap pembuatannya.

Siapkan bahan-bahan seperti

a. 12 buah tahu putih

b. 50 gr tepung terigu protein sedang

c. 1 Sendok makan tapioka

d. ¼ sendok the merica bubuk

e. 1 sendok baking powder

f. Kaldu bubuk (sesuai selera)

g. 250-300 ml air

h. Minyak goreng

Potong tahu menjadi 4 bagian

Campurkan air bersama seluruh bahan seperti tepung terigu protein sedang, tapioka, baking powder, garam dan air hingga merata.

Masukkan tahu ke dalam adonan selama 5 menit

Tiriskan tahu, lalu goreng ke dalam minyak yang telah panas hingga tahu kering. Lalu, siram tahu dengan larutan tepung lakukan hingga 2-3 kali.

Tahap selanjutnya Anda hanya perlu meniriskan tahu dengan cara diangin-anginkan di rak kawat pendingin atau wire rack.

Jika semua tahap telah dilakukan hingga selesai, maka tahu crispy dengan tekstur renyah dan gurih siap di makan. Baik bersama teman-teman, keluarga ataupun pasangan Anda.



TerPopuler