Manfaat Kesehatannya Tidak Diragukan Lagi Loh, Yuk Puasa Arafah!

No Comments
UMAT Islam sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Salah satu ibadah sunah yang tidak pernah lepas dalam menjelang puncak hari raya tersebut adalah puasa Arafah. Siapa saja yang melakukan sunah itu dipercaya akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Tapi, tidak hanya pahala yang akan Anda terima, ternyata menjalankan puasa Arafah juga dipercaya baik untuk kesehatan tubuh manusia. Perlu Anda ketahui sebelumnya, puasa sunah ini hanya dilakukan sehari jelang Idul Adha. Di Indonesia, Idul Adha ditetapkan jatuh pada Jumat 1 September 2017.

Dijelaskan dalam laman Livestrong, manfaat menjalankan puasa sunah ini salah satunya adalah membakar lemak. Sama seperti puasa-puasa lainnya, ketik tubuh Anda porsi asupan makanannya dikurangi, maka tubuh secara alami akan mengoptimalkan nutrisi yang ada. Dengan asupan yang tidak maksimal, pembakaran lemak pun akan berjalan lebih baik.

Sementara itu, dikutip pada Kamis (24/8/2017), beberapa penelitian yang mendukung saran ini di antaranya studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Studi tersebut menemukan bahwa berpuasa setiap hari meningkatkan level pembakaran lemak.
Penelitian tersebut melibatkan orang-orang yang berpuasa satu hari. Setelah didata, tubuh partisipan mampu membakar 15 gram lemak lebih banyak setiap hari, atau setara dengan 135 kalori, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa atau pengurangan asupan makanan setidaknya.

Manfaat lain dari ikut puasa sehari di bulan Dzulhijjah adalah memicu sensitivitas insulin. Asupan makanan diyakini memengaruhi kadar hormon yang ditunjukkan beberapa penelitian dapat bermanfaat bagi tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Fisiology edisi Desember 2005 menemukan fakta, puasa dapat meningkatkan perbaikan sensitivitas insulin yang memicu perbesaran otot dan menghindari kegemukan.

Namun, perlu Anda perhatikan, manfaat puasa ini akan berjalan semakin ideal jika Anda melakukan puasa sunah lainnya. Kegiatan tersebut juga harus dilakukan sesering mungkin bahkan dijadikan kebiasaan sehari-hari. Jangan takut untuk mencoba, lagipula puasa yang disunahkan itu aman untuk dilakukan karena perintah agama. (Sumber: Okezone)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

IBX58B4835B690FD