5 Penyebab Masalah yang Sering Terjadi pada AC

No Comments
Pada saat ini, orang-orang sangat bergantung pada alat elektronik yang satu ini. Salah satu alasannya adalah karena benda ini bisa menghasilkan udara dingin yang sudah tidak bisa didapatkan secara langsung bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar yang udaranya sudah penuh dengan polusi. Udara yang sejuk juga membuat kita merasa nyaman dan terbebas dari rasa gerah yang mengganggu aktivitas. Karena itulah, AC banyak dipasang di kantor-kantor, sekolah, rumah sakit, bahkan rumah pribadi. Namun, sebagai salah satu benda elektronik, maka tentu saja akan ada kemungkinan kerusakan-kerusakan yang terjadi. Ketika sudah mengalami kerusakan, tentu kinerja AC jadi tidak maksimal dan segera harus diperbaiki. Untuk Anda yang tinggal di daerah Bekasi dan sekitarnya, bisa menggunakan jasa service AC Bekasi untuk segera memperbaiki pendingin ruangan Anda. Tapi, Anda juga bisa mengetahui beberapa penyebab dari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada AC di bawah ini.

Tidak Dingin
Ketika AC tidak bisa menjalankan fungsi utamanya untuk mendinginkan udara, maka AC tidak bisa digunakan dengan baik lagi. Bahkan, terkadang AC yang rusak malah mengeluarkan udara yang panas dan membuat orang-orang di dalam ruangan merasa tidak nyaman. Namun, perlu Anda simak baik-baik apakah pengaturan di remote AC sudah benar. Terkadang masalah ini sepele karena terjadi kesalahan pada saat mengatur AC di remote. Jika yang dipilih adalah mode cool, maka udara yang keluar adalah udara yang dingin. Sebaliknya, jika memilih mode dry, maka udara akan dibuat jadi lebih kering sehingga terasa panas dan cukup mengganggu.

Filter Kotor
Cara kerja AC yang menyaring udara di dalam ruangan tentu lama kelamaan akan membuat filter atau saringan AC akan jadi kotor. Berbagai macam debu, virus dan bakteri berkumpul di filter tersebut dan harus segera dibersihkan. Filter yang kotor juga membuat kerja AC jadi tidak maksimal. Bahkan, udara yang keluar juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap akibat munculnya jamur di filter udara Anda. Segera bersihkan filter sekitar dua sampai tiga bulan sekali jika AC digunakan terus-menerus dalam satu hari.

AC Bocor
Adanya tetesan air yang berasal dari mesin AC pada umumnya dikarenakan adanya kebocoran di saluran pembuangan AC yang terhambat dan tidak lancar. Air tersebut tidak berujung pada bak penampungan AC, tetapi malah menumpuk dan akhirnya menetes keluar melalui mesin AC.
Tapi, tak jarang juga kasus bocornya AC dikarenakan filter udara yang terlalu kotor sehingga udara dingin tidak menyebar dan malah berubah bentuk menjadi air dan menetes ke luar. Anda perlu memanggil ahli untuk mengetahui penyebabnya.

AC Berisik
Apakah Anda pernah merasa terganggu ketika muncul suara-suara yang cukup berisik dan mengganggu dari AC? Dalam keadaan normal, AC seharusnya tidak mengeluarkan suara saat sedang bekerja. Beberapa hal bisa jadi penyebabnya, mulai dari adanya sekrup yang kendor, peletakan AC di tempat yang tidak rata, atau bahkan karena tumpukan debu yang membuat kerja AC jadi tidak maksimal lagi.

AC Tiba-tiba Mati dan Hidup
Masalah selanjutnya yang cukup sering terjadi pada pendingin udara adalah sering kali AC secara tiba-tiba mati dan hidup. Kondisi seperti ini jadi tidak menyenangkan karena suhu udara di dalam ruangan jadi tidak stabil. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena usia mesin AC yang sudah terlalu tua sehingga kerjanya jadi tidak prima, atau juga bisa disebabkan karena adanya tumpukan debu.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

IBX58B4835B690FD