Perbandingan Antara Air PDAM dan Air Sumur

Permukaan bumi tertutup air bertolak belakang dengan keadaan Bumi yang menghadapi kelangkaan air. Sebagian besar air di bumi merupakan air asin dan hanya sekitar 2,5% saja yang berupa air tawar, dan kurang dari 1% yang bisa dikonsumsi, sedangkan sisanya merupakan air tanah yang dalam atau berupa es di daerah kutub. Meskipun bumi ini merupakan planet air tapi sayangya bumi malah mengalami krisis air dikarenakan pengeksploitasian air oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. untungnya di Indonesia pendistribusian air bersih sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti program PDAM. Salah satunya adalah hemat air, karena jika anda memilliki sumur sendiri, anda akan menghambur-hamburkan air. Sedangkan jika anda berlangganan air di PDAM anda akan mengontrol penggunaan air, karena jika anda boros, tagihan air pun akan melonjak saat anda bayar tagihan air PDAM online.

Jika anda masih bingung memutuskan apakah menggunakan layanan PDAM atau membuat sumur sendiri untuk pasokan air bersih, simak artikel ini sampai habis karena disini akan dibahas perbandingan atara berlangganan air di PDAM dan membuat sumur sendiri.
Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan air PDAM.

  1. Air PDAM, sudah pasti bersih dan layak konsumsi baik untuk mencuci hingga untuk diminum. PDAM biasanya mengolah air yang bersumber dari waduk atau sungai besar di daerahnya, lalu menyalurkannya ke rumah-rumah warga melalui pipa-pipa yang telah mereka pasangkan sebelumnya.
  2. Menggunakan air PDAM dapat menghemat waktu dan tenaga. Ya, dibandingkan dengan penggunaan air sumur anda akan butuh waktu untuk mengambilnya bila menggunakan timba, namun saat ini sih sudah dipermudah yaitu menggunakan mesin pompa air.
  3. Bagi kota-kota besar seperti Jakarta penggunaan air PAM / PDAM dirasa akan lebih murah sebab bila menggunakan air sumur atau air tanah akan dikenakan pajak. Pajak tinggi diberlakukan karena pengambilan air tanah secara besar-besaran telah mengakibatkan  maka tak heran, banjir yang melanda Ibu Kota tambah lama tambah tinggi.
  4. Untuk daerah atau lokasi yang air tanahnya jelek, maka air PDAM merupakan pilhan yang tepat untuk sumber air keluarga anda. Maka sebelum membuat sumur bor pastikan dahulu kualitas air tanahnya bagus atau tidak. Bila tidak maka segera ambil pilihan dengan air PDAM.
  5. Pada musim kemarau para pengguna air PAM tidak akan merasa kebingungan, sebab sumber air PDAM sudah ditanggung oleh Perusahaan Daerah tersebut. Jadi para perusahaan akan berusaha mati-matian untuk mencukupi kebutuhan air para pelanggan PDAM. Sedangkan untuk air sumur, bila musim kemarau biasanya air akan menjadi keruh bahkan sumur bisa kering juga.
  6. Kualitas air PAM / PDAM akan selalu terjaga. Bila menggunakan air sumur maka kualitasnya akan berubah-ubah sesuai musim. Bila musim penghujan maka air akan keruh menyesuikan air di lingkungan sekitar, sedangkan bila musim kemarau masalah terbesarnya adalah kekeringan.
Sedangkan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda memutuskan untuk menggunakan sumur sendiri
- Biaya yang perlu dikeluarkan hanya pada saat pembuatan sumur saja
- Bebas biaya bulanan dan bebas menggunakan air dalam jumlah yang banyak jika diperlukan
- Air yang dihasilkan bersih dan layak minum karena berasal dari air tanah bukan waduk.
- Pada musim kemarau biasanya air ikut surut.
- Makin lama air akan berkurang derasnya dan perlu penggalian lebih dalam.

No comments:

Powered by Blogger.