Cara Membuat Keripik Singkong Yang Enak


Singkong diolah menjadi berbagai kudapan yang enak di Indonesia. Paling terkenal memang diolah menjadi keripik. Keripik singkong ini bisa dibilang menjadi ciri khas Indonesia karena di Negara lain tidak ada keripik singkong. Singkong yang banyak di Indonesia inilah yang banyak dijadikan kripik. Bahkan keripik singkong banyak sekali jenis dan rasanya. Tiap daerah bahkan punya ciri khas sendiri dalam mengolah keripik singkong. Berikut beberapa cara membuat keripik singkong yang enak.

Keripik Singkong Yang Enak
Keripik Singkong Yang Enak



1.       Keripik Singkong Original

Resep yang pertama ini adalah membuat keripik singkong original. Bahan yang perlua anda siapkan untuk membuat keripik singkong original. Singkong 1 buah yang ukuran besar dan panjang. Minyak goreng dan cetakan singkong.

Anda kupas singkongnya dan cuci bersih. Setelah itu siapkan baskom dan isikan air. Cetak singkong dan kemudian rendam singkongnya. Setelah itu anda bisa siapkan minyak untuk menggoreng. Goreng singkongnya hingga renyah dan setelah itu berikan bumbu masako yang gurih.


2.       Keripik Singkong Pedas Bumbu Balado

Anda pasti pernah melihat keripik singkong dari Padang. Keripik singkong dari Padang ini rasanya pedas. Bumbu pedas dari Padang ini bisa buat sendiri. Bahan yang dibutuhkan singkong ukuran besar. Bawang putih 7 siung, cabe merah 20 buah dan gula putih 2 sendok makan.

Rebus dahulu singkongnya dan kemudian anda iris satu persatu menjadi irisan yang tipis. Setelah itu jemur singkongnya dan kemudian digoreng semuanya setelah dijemur. Sisihkan dahulu keripik singkong yang sudah jadi ke toples dan ditutup. Siapkan bumbu baladonya dengan memblender bawang putih dan cabe merah. Setelah diblender dimasak dengan diberikan air secukupnya. Tambahkan gula dan anda masak hingga kental. Setelah kental, masukkan singkongnya dan aduk hingga rata.


3.       Keripik Singkong Manis Gula Merah

Gula merah sama dengan singkong, banyak terdapat di Indonesia. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik singkong manis gula merah adalah gula merah aren 3 buah besar. Siapkan juga singkong yang ukuran besar 1 buah. Siapkan air dan minyak goreng.

Rebus dahulu singkongnya dan iris tipis dan kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering siapkan minyak untuk menggoreng dan goreng hingga matang. Sisihkan dahulu, dan simpan di tempat tertutup. Gula merah dicarikan ditambahkan air. Setelah kental dan masukkan keripik singkongnya. Aduk rata dan kemudian taruh ditoples.


4.       Keripik Singkong Bumbu Bubuk

Bumbu bubuk ini banyak sekali terdapat di took kue atau toko makanan. Jadi anda tidak perlu repot mencarinya sampai di luar kota. Tetapi jika anda ingin membeli online, anda juga bisa beli banyak dengan harga murah. Siapkan bubuk cabe, bubuk jagung manis, dan bubuk keju. Jangan lupa siapkan singkong 2 buah yang ukuran besar agar hasilnya banyak. Siapkan cetakan yang menghasilkan tipis singkongnya. Anda bisa membeli cetakan ini di supermarket.

Cara membuat keripik singkong ini sama dengan yang lainnya. Singkongnya dikupas dahulu dan kemudian dicetak dan langsung direndam air agar tidak menghitam. Setelah semuanya dicetak anda bisa merendam di air semuanya. Siapkan minyak yang banyak di wajan dan goreng sesuai takaran dan besar wajan. Kemudian goreng semuanya dan bagi ke beberapa tempat. Setelah itu berikan bumbu bubuk cabe ke tempat pertama, bubuk jagung manis ke tempat kedua, dan bubuk keju ke tempet keripik singkong ketiga.

Post a Comment

0 Comments