Pentingnya Mencari Tahu Kalender Puasa 2017


Tak terasa bulan Ramadhan akan tiba. Bagi umat Islam, datangnya bulan puasa memang diiringi dengan kebahagiaan. Bagaimana tidak, dalam bulan suci itu tersedia banyak sekali momen spesial. Mulai dari momen yang digunakan untuk meningkatkan keimanan, berharap ampunan dosa, hingga momen momen duniawi yang memang terasa berbeda dibandingkan hari biasa seperti buka puasa dan sahur bersama, hingga menikmati kumpul keluarga besar. Saat ini, telah tersedia berbagai info terkait puasa termasuk Kalender Puasa 2017

Baik kalender manual yang sudah mulai dicetak, kalender yang dibagikan di media media online, hingga aplikasi di sebuah ponsel pintar. Kalender kalender puasa itu memang sangat berguna. Di sana tersedia berbagai kolom yang biasa tercetak. Yang utama adalah kolom hari dan tanggal yang sangat ditunggu terutama untuk menentukan kapan mulai puasa pertama di tahun 2017 ini.

Dalam berbagai Kalender Puasa 2017, telah diprediksi bahwa bulan suci Ramadhan tiba pada tanggal 27 Mei 2017. Jika benar adanya, maka tak terasa sudah sangat dekat para pemeluk agama Islam untuk menjalani sebulan penuh berpuasa. Namun, dalam berbagai kalender yang telah dibuat sebenarnya belum resmi.
Pentingnya Mencari Tahu Kalender Puasa 2017

Untuk Indonesia sendiri, masih menggunakan dua cara yaitu perhitungan dan juga melihat posisi bulan. Kedua cara ini, nantinya akan dimusyawarahkan oleh Menteri Agama, tokoh organisasi Islam, tokoh agama, dan ahli-ahli perhitungan serta akan menggunakan juga para relawan yang akan melihat posisi bulan di seluruh titik provinsi di Indonesia. 

Kemungkinan besar,  pada tanggal 25 atau 26 Mei 2017 esok akan diadakan musyawarah tersebut atau yang biasa disebut dengan Sidang Isbat, untuk menentukan kapan puasa akan tiba. Hal ini juga sekaligus meyakinkan kebenaran yang sudah tercetak dalam kalender puasa.

Namun, bagi anda para pemeluk agama Islam jangan menunggu tanggal yang pasti untuk mempersiapkan bulan suci Ramadhan. Dalam berbagai Kalender Puasa 2017 telah disebutkan bahwa puasa akan dimulai tanggal 27 Mei 2017. Artinya, ketika ada perubahan pun tidak akan jauh dari tanggal tersebut. Jadi, mulailah persiapan menyambut puasa dari sekarang. 

Beberapa hal penting yang bisa disiapkan contohnya adalah berlatih puasa. Saat ini, masih sangat bisa melatih diri untuk berpuasa agar nantinya selama bulan puasa akan sangat lancar berpuasa penuh. Yang selanjutnya adalah berkaitan dengan aktivitas dunia. Mulailah memesan tiket atau merencanakan mudik bagi anda yang merantau. 

Kumpul bersama keluarga besar tentunya adalah momen yang ditunggu dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Jadi, mulai persiapkanlah tiket yang harus dibeli, atau siapkan kendaraan mudik anda jika tidak menggunakan transportasi umum, cari tahu jadwal cuti, atur jadwal buka bersama dan silaturahmi, hingga mempersiapkan baju lebaran agar tidak harus kerepotan membeli baju lebaran saat sedang berpuasa.

Post a Comment

1 Comments