Wednesday, 22 May 2019

Waspada! Inilah Tanda-tanda Penyakit jantung


Salah satu organ penting yang terdapat dalam tubuh seseorang ialah jantung. Organ dalam yang satu ini memiliki fungsi sebagai alat transportasi darah dalam tubuh. Jantung akan memompa darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh lainnya seperti paru-paru dan otak. Oleh sebab itu, kesehatan jantung harus senantiasa kita jaga dengan baik. Secara umum, penyakit ini kerap menyerang orang-orang yang tengah memasuki usia parubaya. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini menyerang segala tingkatan usia. Bagi Anda yang sekiranya merasakan tanda-tanda akan datangnya penyakit ini, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter sebelum terlambat. Lantas taukah Anda apa saja tanda-tanda penyakit jantung itu? Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa salah satu penyebab tangan kebas dan kesemutan penyebab tangan kebas dan kesemutan</a> berkelanjutan ialah pertanda penyakit jantung. Untuk itu, jangan menganggap bahwa kebas dan kesemutan merupakan hal yang spele.

Kebanyakan orang sering kali tidak mengenali penyakit jantung, lantaran gejala yang ditampakkan tidak begitu menonjol. Kadang kala penyakit jantung muncul secara tiba-tiba hinga menyebabkan seseorang meninggal dunia. Pada dasarnya, ada banyak gejala atau tanda-tanda yang akan dirasakan para penderitanya. Seperti yang telah disebutkan di atas bawa kebas dan kesemutan berkelanjutan merupakan salah satu gejala umum adanya penyakit jantung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera melakukan check up ke dokter yang terdekat dengan Anda. 

Selain kebas dan kesemutan, nyeri di bagian dada atau yang disebut dengan angina dalam Bahasa ilmiah juga bisa dikatakan sebagai tanda adanya penyakit jantung. Gejala yang satu ini terjadi akibat jantung tidak memperoleh pasokan darah kaya oksigen dan nutrisi yang cukup. Penyebab utama dari hal ini ialah adanya bekuan darah karena salah satu pembuluh darah mengalami kebocoran. Tidak hanya dada, nyeri pun juga bisa Anda rasakan di bagian tubuh lainnya seperti leher, rahang, punggung, hingga daerah sekitar pinggang. Rasa nyeri ini biasanya akan berlangsung selama beberapa hari atau minggu hingga hilang dengan sendirinya. Namun, nyeri tersebut akan kembali lagi dalam jangka waktu yang relatif berdekatan. Dalam hal ini, detak jantung yang tidak teratur adalah tanda umum yang menyertai sakit pada bagian dada. Tidak sedikit orang yang merasakan detak jantungnya seakan berhenti sebentar, namun tak lama kemudian detak jantungnya kembali berdetak dengan irama yang sangat kencang.

Anda belum bisa menyimpulkan bahwa Anda menderita sakit jantung hanya dengan memperhatikan dua tanda tersebut. Dua tanda tersebut biasanya diikuti dengan tanda-tanda lain seperti sesak napas, pusing, badan sering lemas, kehilangan kesadaran atau pingsan secara tiba-tiba, hingga kelelahan parah. Sesak napas sering dialami oleh penderita penyakit jantung karena fungsi jantung sudah tidak normal lagi. Hal ini bisa berdampak pada ketidaklancaran aliran darah yang membawa oksigen ke paruh-paruh dan menyebabkan penderita mengalami sesak napas. Gejala yang satu ini juga berkolerasi dengan nyeri di bagian dada secara tiba-tiba. Untuk menghindari sesak napas seperti ini, sebaiknya Anda tidak tidur terlentang lantaran hal tersebut akan memicu datangnya sesak napas.

Gejala awal penyakit jantung juga sering ditandai dengan rasa pusing pada bagian kepala. Beberapa penderita penyakit jantung mengaku sering merasa melayang akibat pusing kepala. Hal ini disertai dengan terganggunya pengelihatan yang ditandai dengan pengeliahatan yang kabur. Pada akhirnya sakit kepala ini akan menyebabkan penderita merasa mual bahkan tak jarang yang merasa lemas hingga kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, jangan menyepelekan pusing kepala yang menimpa Anda dalam kurun waktu lama. 

Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab tangan kebas dan kesemutan yang disertai dengan nyeri di bagian tubuh tertentu (khususnya dada), pusing kepala atau merasa melayang, detak jantung tidak teratur, serta sesak napas merupakan tanda-tanda dari adanya penyakit jantung yang mengidap di tubuh seseorang. Untuk mencegah penyakit jantung yang lebih parah, maka sebaiknya Anda segera berkunjung ke dokter spesialis jantung untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Umumnay dokter akan memberikan Anda arahan dan bimbingan mengenai penyakit jantung yang Anda derita.

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Post a Comment