Rukun Wajib untuk Shalat Jenazah -->

Rukun Wajib untuk Shalat Jenazah

Sunday, 3 October 2021, 19:34


Dalam agama islam hukumnya wajib untuk menyolatkan jenazah, ada 7 rukun shalat jenazah yang wajib Anda ketahui. Adapun rukun sholat yang harus benar-benar Anda pahami adalah:

  • Niat

Hal yang pertama adalah dengan membaca niat, niat ini sangat wajib dilakukan karena dengan niat maka semua akan berjalan dengan benar, saat membaca niat untuk sholat jenazah niat untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan ini berbeda.

  • Berdiri untuk Shalat

Saat melakukan shalat jenazah cara yang satu ini berbeda dengan shalat fardu umumnya, karena dalam sholat jenazah tidak terdapat gerakan rukuk dan juga sujud, jadi shalatnya hanya di lakukan dengan berdiri saja. Bagi Anda yang ingin melakukan shalat jenazah tapi Anda kesulitan untuk berdiri Anda bisa melakukan shalat ini dengan duduk.

  • Melakukan 4 kali takbir

Saat melakukan sholat jenazah takbir yang Anda lakukan sebanyak 4 kali. Dalam sholat jenazah jika takbir yang Anda lakukan ini kurang dari 4 kali maka sudah bisa dipastikan bahwa sholat Anda tidak akan sah.

  • Membaca Surat Alfatihah

Dalam sholat jenazah juga Anda diwajibkan untuk membaca surah Al-fatihah. Surat yang satu ini wajib Anda baca pada takbir pertama, saat membacanya pastikan Anda membacaya dengan lirih dan sambil diresapi, walaupun Anda membaca surat ini dengan cara berjamaah. Saat sholat jenazah ini tidak di sunnahkan untuk membaca doa iftitah. Hal ini karena sholat jenazah memang berbeda dengan sholat wajib yang biasa kita lakukan.

  • Membaca Shalawat Nabi

Saat melakukan shalat jenazah Anda bisa membaca shalawat nabi ini di takbir yang kedua, untuk bacaan sholawat nabi yang bisa And abaca “Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid”, yang artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

  • Mendoakan Jenazah

Pada takbir ketiga Anda bisa membaca doa untuk mendoakan jenazah, doa yang bisa And abaca adalah: “Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabinanari.”

  • Takbir ke empat dan salam

Setelah Anda tahu bagaimana rukun dalam melaksanan shalat jenazah Anda nanti tinggal menghafalkan bacaan yang harus Anda hafalkan. Takbir keempat ini juga Anda membaca doa untuk jenazah, doa yang bisa And abaca adalah: “Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa” Artinya: Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

Nah itu dia tata cara sholat jenazah sesuai dengan rukun dari sholat jenazah, semoga informasi mengenai sholat jenazah ini bisa bermanfaat untuk Anda ya!


TerPopuler